Current Status
Not Enrolled
Price
600000
Get Started

Horizon scanning atau pemindaian horizon adalah suatu tahapan dalam foresight yang berfokus pada identifikasi berbagai peristiwa dan tren yang dapat memengaruhi masa depan. Dalam konteks ini, “horizon” merujuk pada cakrawala waktu di masa depan yang menjadi fokus analisis. Horizon scanning bertujuan untuk mengidentifikasi potensi perubahan yang signifikan dan memahami bagaimana peristiwa atau tren tersebut dapat memengaruhi berbagai aspek kehidupan, termasuk kebijakan. 

Dengan mengetahui events dan trends yang mungkin terjadi, para pembuat kebijakan dapat mengidentifikasi peluang baru yang dapat dimanfaatkan atau tantangan yang harus diatasi. Hal ini memungkinkan pengembangan kebijakan yang proaktif dan responsif terhadap perubahan lingkungan. 

Modul ini ditujukan kepada para pembuat kebijakan. Setelah mempelajari modul ini, peserta diharapkan dapat memahami definisi dan konsep horizon scanning dan dimensi STEEPV yang menjadi konteks di dalam horizon scanning, serta urgensi penggunaan horizon scanning sebagai tahap pertama dalam metodologi foresight. Selain itu, peserta juga diharapkan dapat memahami langkah-langkah identifikasi events dan trends secara mendalam. 

Pada modul ini, peserta akan mendapatkan materi berupa:   

  • Mengenal klasifikasi dan dimensi STEEPV; 
  • Melakukan horizon scanning
  • Mengidentifikasi events; dan 
  • Mengidentifikasi trends