Pelatihan dan Pengembangan Kapasitas

Dinamika eksternal era VUCA menjadi peluang sekaligus tantangan yang harus dihadapi birokrasi di masa depan. Pada aspek internal, sebagai komitmen melakukan reformasi birokrasi, pemerintah terus didorong untuk mampu membangun dan mengembangkan kapasitas negara (state capacity) guna mengimplementasikan kebijakan publik dan agenda pembangunan berkelanjutan.

Seyogyanya, kapasitas negara baik pemerintah pusat maupun daerah harus memenuhi aspek kemampuan mengekstraksi seluruh sumber daya untuk pembangunan (extractive capacity), kapasitas pemerintahan berbasis kinerja dan output (governmental capacity), serta kemampuan menyiapkan kerangka regulasi untuk membangun apa yang dibutuhkan warga (regulatory-productive capacity).

Untuk memenuhi kapasitas tersebut, setiap pemimpin publik dituntut mampu mengejawantahkan visi politiknya menjadi rencana pembangunan dan kebijakan untuk mampu mewujudkan pelayanan publik yang lebih baik. Namun, upaya tersebut bukan tanpa tantangan. Birokrat dihadapkan pada pemahaman konseptual yang masih jauh dari ideal dan terbatas pada praktik kinerja para pelayan publik (public servant). Situasi ini membuat peningkatan kapasitas-kapabilitas SDM maupun kelembagaan mendesak untuk dilakukan. 

Sebagai upaya keterlibatan dalam membangun tata kelola pemerintahan, Nalar Institute hadir untuk mengembangkan pengetahuan, wawasan, dan keterampilan SDM penyelenggara manajemen dan kebijakan publik yang baik (good governance) melalui program pelatihan dan pengembangan kapasitas. Hal ini selaras dengan visi Nalar Institute untuk mewujudkan kinerja sektor publik dan pembangunan yang lebih baik melalui data, bukti, dan keterlibatan.

Nalar Institute menawarkan berbagai pelatihan untuk pengembangan kapasitas kebijakan publik. Kami telah berpengalaman melatih SDM yang tidak hanya terbatas pada lembaga atau instansi pemerintah, tetapi juga lembaga non pemerintah. Hubungi kami melalui nomor telepon +62 878-7283-3348 atau e-mail [email protected] untuk mendapatkan informasi pelatihan dan pengembangan kapasitas terbaik kami.