Search
Close this search box.

Kebijakan Lingkungan dan Mitigasi Bencana Di Indonesia

Triple planetary crises atau tiga krisis utama planet bumi yakni perubahan iklim, polusi udara, dan hilangnya keanekaragaman hayati, adalah masalah aktual yang dihadapi dunia saat ini. Setiap tahun kondisi krisis ini semakin parah dan membawa dampak negatif yang cukup besar di berbagai bidang, baik itu ekonomi, politik, maupun sosial-budaya.

Meski begitu, para pemangku kepentingan belum serius dalam mengarusutamakan isu lingkungan dan iklim dalam agenda kebijakan. Akibatnya, bencana tipe kedua (manufactured risks) muncul. Fenomena ini terjadi karena kelalaian manusia. Hal ini juga diperparah dengan rendahnya literasi masyarakat terkait risiko, bencana, dan krisis.

Sejauh mana orientasi dan posisi kita sebagai negara di isu lingkungan? Apa saja yang dapat dilakukan untuk membangun kapasitas literasi masyarakat akar rumput terhadap kebencanaan? Bagaimana keterlibatan para akademisi dan praktisi dalam isu-isu kebijakan lingkungan dan mitigasi kebencanaan di Indonesia?

#NALARTalks episode ke-115 kali ini menghadirkan Dr. Ir. Eko Teguh Paripurno, MT, atau akrab dipanggil “Pak ET atau Mas ET”. ET adalah seorang akademisi sekaligus aktivis lingkungan yang memiliki kepakaran di bidang tata kelola kebencanaan. Bersama ET, #NALARTalks mendiskusikan terkait kebijakan lingkungan dan mitigasi kebencanaan di Indonesia.

Producer : Yanuar Nugroho
DOP & editor : Vaizal Andrians
Art director : Hari Saptomo
Editor in Chief : Anendya Niervana
Content Writer : Ani Nur M. R.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *