Search
Close this search box.

Penguatan dan Keterlibatan Anak Muda dalam Kebijakan Publik

Berbicara mengenai kebijakan publik, seringkali kita mengasosiasikan sektor ini sebagai ranah kerja pemerintah semata, memang pernyataan ini ada benarnya. Namun apabila kita mau melihatnya secara makro, pembuatan kebijakan publik bukanlah proses kerja tunggal pemerintah, mulai dari proses perumusan hingga monitoring akan banyak keterlibatan pihak non-pemerintah seperti masyarakat sipil, ilmuwan, akademisi, aktivis, media, maupun mahasiswa. Oleh karena itu, penting bagi masyarakat khususnya generasi muda untuk mulai belajar mengambil peran dalam perumusan kebijakan publik.

Sebagai upaya mewujudkan generasi muda yang “melek” kebijakan publik. NALAR institute dan berkolaborasi bersama Pemimpin.id mengadakan program “Pojok Kebijakan: Penguatan dan Keterlibatan Anak Muda dalam Kebijakan Publik”. Program ini dilaksanakan dalam sehari dan para peserta berkesempatan belajar langsung bersama ahli sekaligus praktisi kebijakan publik, Yanuar Nugroho, Ph.D.

Puluhan peserta dari beragam latar belakang, mulai dari mahasiswa, pemimpin organisasi, hingga ASN muda, belajar mengenai dasar-dasar kebijakan publik dan implementasinya di lapangan. Dalam kesempatan ini, mereka juga mendiskusikan peran krusial yang dapat dilakukan anak muda untuk mewujudkan kinerja sektor publik yang lebih baik.


Video ini adalah dokumentasi kegiatan Pojok Kebijakan: Penguatan dan Keterlibatan Anak Muda dalam Kebijakan Publik, yang diselenggarakan pada Sabtu, 22 Juni 2022 bertempat di D. I Yogyakarta.

Producer : Yanuar Nugroho
Co-producer : Pemimpin.id
Assistant Producer : Joko Susilo
DOP & Editor : Vaizal Andrians
Art director : Hari Saptomo
Content Assistant : Ani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *